Container Icon

Makalah Hubungan Motivasi dengan Belajar


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dalam melakukan suatu pekerjaan kita memerlukan suatu dorongan untuk mengerjakannya.  Contohnya seperti seorang tukang becak bermandi peluh menarik penumpang yang gemuk-gemuk Di panas matahari dan di jalan yang menanjak dengan tujuan mendapatkan ongkos untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya.. Seorang mahasiswa tekun dalam mempelajari bukunya hingga larut malam tanpa menghiraukan lelah dan kantuknya demi memperoleh nilai yang baik dalam ujian. Seorang petani mencangkul sawahnya dari pagi sampai petang tanpa berhenti untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal dan sebagainya. Dari contoh tersebut terlihat jelas bahwa kegiatan- kegiatan yang dilakukan dalam contoh memiliki tujuan, yang berperan sebagai pendorong atau motivasi dalam melakukan kegiatan tersebut.  Demikian juga dalam belajar kita juga membutuhkan motivasi  untuk melaksanakan kegiatan belajar agar kita dapat memperoleh hasil yang efektif.  Ketika kita mempelajari suatu ilmu, kita menyukai ilmu tersebut tentunya tidak menjadi masalah ketika kita belajar tentang ilmu tersebut. Tetapi akan jadi masalah ketika kita terpaksa mempelajari suatu ilmu yang kita rasa kita kurang menyukai ilmu tersebut. Di sekolah seringkali terdapat anak yang  malas, tidak menyenangkan, suka membolos, dan sebagainya. Dalam hal demikian berarti  guru tidak berhasil memberikan motivasi yang tepat untuk mendorong agar ia bekerja dengan segenap tenaga dan pikirannya. Begitu pula ketika banyak anak yang tidak berkembang bakatnya karena tidak adanya  motivasi yang tepat. Jika seseorang mendapatkan motivasi yang tepat, maka lepaslah tenaga yang tak terduga, sehingga tercapai hasil-hasil yang tak terduga. Motivasi adalah syarat mutlak untuk belajar. Jika tidak ada motivasi dalam belajar tentunya kegiatan belajar yang kita lakukan tidak akan mendapatkan hasil yang optimal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peran motivasi dalam belajar sangatlah penting. Dalam makalah psikologi pendidikan akan membahas peran motivasi dalam belajar. Pembahasan dalam makalah mencakup pengertian belajar, pengertian motivasi, hubungan motivasi dengan belajar serta bagaimana peranan suatu motivasi dalam belajar.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian belajar itu?
2. Apa pengertian motivasi itu?
3. Bagaimana hubungan antara motivasi dan belajar?
4. Bagaimana peran motivasi dalam belajar?
C. Tujuan 
Adapun tujuan penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui:
1. Pengertian belajar
2. Pengertian motivasi
3. Hubungan antara motivasi dan belajar
4. Peran motivasi dalam belajar
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Belajar dan Motivasi
1. Pengertian Belajar
Pengertian belajar menurut para ahli:
a) Hilgrad dan bower, dalam buku theories of learning mengemukakan. “Belajar berhubungan dengan perubahan tingkah laku seorang terhadap sesuatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam situasi itu, dimana perubahan tingkah laku itu todak dapat dijelaskan atau dasar kecenderungan respon pembawaan, kematangan, atau keadaan-keadaan sesaat seseorang (misalnya kelelahan, pengaruh obat, dan sebagainya)
b) Gagne dalam buku the conditions of learning(1977) menyatakan bahwa “belajar  terjadi apabila suatu situasi stimulus bersama dengan isi ingatan mempengaruhinya siswa sedemikian rupa sehingga perbuatannya (perfomance nya) berubah dari waktu sebelum  ia mengalami situasi itu ke waktu sesudah ia mengalami situasi tadi.
c) Morgan, dalam buku introduction to psychology (1978) mengemukakan: “Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai hasil dari latihan atau pengalaman.
d) Witherington, dalam buku educational psychology mengemukakan “belajar adalah suatu perubahan didalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru daripada reaksi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu pengertian.
Dari definisi-definisi  yang dikemukakan diatas,  dapat dikemukakan adanya beberapa elemen yang penting  yang mencirikan pengertian tentang belajar, yaitu bahwa:
a) Belajar merupakan suatu perubahan dalam tingkah laku, dimana perubahan itu dapat mengarah kepada tingkah laku yang lebih baik, tetapi juga ada kemungkinan mengarah pada tingkah laku yang lebih buruk.
b) Belajar merupakan suatu perubahan yang terjadi melalui latihan atau pengalaman; dalam arti perubahan yang disebabkan oleh pertumbuhan atau kematangan tidak dianggap sebagai hasil belajar, seperti perubahan –perubahan yang terjadi pada diri seorang bayi.
c) Untuk dapat disebut belajar, maka perubahan itu harus relatif mantap; harus merupakan akhir daripada suatu periode waktu  yang cukup panjang.  Berapa lama periode waktu itu berlangsung sulit ditentukan dengan pasti, tetapi perubahan itu hendaknya merupakan akhir dari suatu periode yang mungkin berlangsung berhari-hari, berbulan-bulan atau bertahun-tahun.
d) Tingkah laku yang mengalami  perubahan karena belajar menyangkut berbagai aspek kepribadian, baik fisik maupun psikis seperti: perubahan dalam pengertian, pemecahan suatu masalah/berpikir, keterampilan, kecakapan, kebiasaan, ataupun sikap.
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian belajar adalah perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku seorang individu yang disebabkan oleh pengalaman atau latihan yang berulang-ulang.
2. Pengertian Motivasi
Sedangkan pengertian motivasi  menurut para ahli adalah:
a) Wlodkowski (1985) menjelaskan motivasi sebagai suatu kondisi yang menyebabkan atau menimbulkan perilaku tertentu, dan yang memberi arah dan ketahanan (persistence) pada tingkah laku tersebut. Pengertian ini jelas bernafaskan behaviorisme.
b) Mitchell, motivasi mewakili proses- proses psikologikal, yang menyebabkan timbulnya, diarahkanya, dan terjadinya persistensi kegiatan- kegiatan sukarela yang diarahkan ke tujuan tertentu.
c) Morgan, mengemukakan bahwa motivasi bertalian dengan tiga hal yang sekaligus merupakan aspek- aspek dari motivasi. Ketiga hal tersebut adalah: keadaan yang mendorong tingkah laku, tingkah laku yang di dorong oleh keadaan tersebut, dan tujuan dari pada tingkah laku tersebut.
d) T. Hani Handoko, mengemukakan bahwa motivasi adalah keadaan pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan tertentu guna mencapai tujuan.
e) H. Hadari Nawawimendefinisikan motivasi sebagai suatu keadaan yang mendorong atau menjadi sebab seseorang melakukan sesuatu perbuatan atau kegiatan yang berlangsung secara sadar.
f) Soemanto, secara umum mendefinisikan motivasi sebagai suatu perubahan tenaga yang ditandai oleh dorongan efektif dan reaksi- reaksi pencapaian tujuan. Karena kelakuan manusia itu selalu bertujuan, kita dapat menyimpulkan bahwa perubahan tenaga yang memberi kekuatan bagi tingkahlaku mencapai tujuan,telah terjadi di dalam diri seseorang
Menurut kebanyakan definisi , motivasi mengandung tiga hal komponen pokok, yaitu menggerakkan, mengarahkan, dan menopang tingkah laku manusia:
a) Menggerakkan, berarti menimbulkan kekuatan pada individu; memimpin seseorang untuk bertindak dengan cara tertentu. Misalnya kekuatan dalam hal ingatan, respons-respons efektif, dan kecenderungan mendapatkan kesenangan.
b) Motivasi juga mengarahkan atau menyalurkan tingkah laku. Dengan demikian ia menyediakan suatu orientasi tujuan. Tingkah laku terhadap sesuatu.
c) Untuk menjaga dan menopang tingkah laku, lingkungan sekitar harus menguatkan (reinforce) intensitas dan arah dorongan-dorongan dan kekuatan-kekuatan individu.
Dari penjelasan-penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah suatu keadaan yang mendorong untuk melakukan suatu kegiatan dan mengarahkan tingkah laku serta menjaga tingkah laku agar mencapai tujuan yang diinginkan. Motivasi dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
a) Motivasi Intrinsik adalah dorongan untuk melakukan sesuatu yang berasal dari diri individu itu sendiri. 
b) Motivasi Ekstrinsik adalah dorongan untuk melakukan sesuatu karena adanya perangsang dari luar diri individu.
B. Hubungan Motivasi dalam Belajar
Belajar tanpa motivasi bagaikan kendaraan bermotor tanpa bahan bakar, sehingga semewah apapun kendaraan tersebut tidak akan bisa dijalankan tanpa adanya bahan bakar. Selengkap apapun fasilitas yang dimiliki seseorang, meskipun ribuan eksemplar buku yang dia miliki, walaupun ratusan juta rupiah biaya yang dimiliki untuk pendidikan, tidak akan berpengaruh jika motivasi belajar tidak melekat didalam dirinya. Begitupun sebaliknya, seminim dan semiskin apapun seseorang apa bila motivasi belajarnya tinggi maka kekurangan didalam dirinya hanyalah kerikil kecil yang menghalangi langkah. Oleh karena itu apabila motivasi yang bersifat intrinsik (dari dalam diri) tidak dipunyai, maka motivasi ekstrinsik (dari luar diri)  harus segera aktif untuk membangkitkan motivasi intrinsik tersebut. Motivasi ekstrinsik yang paling utama adalah dari orang tua atau keluarga. Hal ini dikarenakan semenjak kecil anak bersosialisasi, menerima pendidikan (pendidikan informal) pertama kalinya adalah didalam keluarga, dan pendidikan yang diperoleh dalam keluarga ini merupakan pendidikan yang terpenting atau utama terhadap perkembangan pribadi anak (Drs. Suwarno). Banyak kita ketahui orang tua yang hanya memberikan uang kepada anaknya untuk kuliah, dilengkapinya fasilitas kendaraan bermotor, Handphone, komputer, dan lain-lain. Memang benar apabila lengkapnya fasilitas akan sangat menunjang seseorang dalam belajar, namun tanpa adanya motivasi baik intrinsic maupun ekstrinsik fasilitias tersebut tidak akan berpengaruh , bahkan bisa saja disalahgunakan. Dari hal ini maka muncullah kenakalan remaja, misalnya kebut-kebutan dijalan, uang SPP untuk beli narkoba, bahkan untuk berzinah. Dengan pembahasan yang panjang lebar tersebut diatas, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan. Belajar sebagai proses interaksi untuk mencapai tujuan akan lebih efektif, bila ditunjang dengan motivasi yang tinggi, baik yang berupa intrinsik maupun ekstrinsik. Dan orang tua adalah hal yang signifikan dalam membangkitkan motivasi seseorang. Dengan begitu belajar berhubungan erat dengan motivasi. Jika tidak ada motivasi dalam belajar atau kurang motivasi dalam belajar maka hasil belajar yang akan dicapai tidak optimal.
C. Peranan Motivasi dalam Belajar
a) Peran Motivasi dalam Menentukan Penguatan Belajar
Motivasi dapat berperan dalam penguatan belajar apabila seorang anak yang belajar dihadapkan pada suatu masalah yan memerlukan pemecahan, dan hanya dapat dipecahkan berkat bantuan hal-hal yang pernah dilaluinya. sebagai contoh: seorang anak akan memecahkan materi matematika dengan bantuan tabel logaritma.Tanpa bantuan tabel tersebut anak itu tidak dapat menyelesaikan tugas matematika. Dalam kaitan itu, anak berusaha mencari buku tabel matematika. Upaya untuk mencari tabel matematika merupakan peran motivasi yang dapat menimbulkan penguatan belajar.
Peristiwa di atas dapat dipahami bahwa sesuatu dapat menjadi penguat belajar untuk seseorang, apabila dia sedang benar-benar mempunyai motivasi untuk belajar sesuatu. Dengan kata lain, motivasi dapat menentukan hal-hal apa di lingkungan anak yang dapat memperkuat perbuatan belajar. Untuk seorang guru perlu memahami suasana itu, agar dia dapat membantu siswanya dalam memilih faktor-faktor atau keadaan yang ada dalam lingkungan siswa sebagai bahan penguat belajar. Hal itu tidak cukup dengan memberitahukan sumber-sumber yang harus dipelajari, melainkan yang lebih penting adalah mengaitkan isi pelajaran dengan perangkat apa pun yang berada paling dekat dengan siswa dilingkungannya.
b) Peran Motivasi dalam Memperjelas Tujuan Belajar
Peran motivasi dalam memperjelas tujuan belajar erat kaitannya dengan kemaknaan belajar. Anak akan tertarik untuk belajar sesuatu, jika yang dipelajari itu sedikitnya sudah dapat diketahui atau dinikmati manfaatnya bagi anak. Sebagai contoh: anak akan termotivasi belajar elektronika karena tujuan belajar elektronika itu dapat melahirkan kemampuan anak dalam bidang elektronika. Dalam suatu kesempatan misalnya, anak tersebut diminta membetulkan radio yang rusak, dan berkat pengalamannya dari bidang elektronika, maka radio tersebut menjadi baik setelah diperbaikinya. dari pengalaman itu, anak makin hari makin termotivasi belajar, karena sedikit anak sudah mengetahui makna dar belajar itu.
c) Motivasi Menentukan Ketekunan Belajar
Seorang anak yang telah termotivasi untuk belajar sesuatu, akan berusaha mempelajarinya dengan baik dan tekun, dengan harapan memperoleh hasil yang baik. Dalam hal ini tampak bahwa motivasi untuk belajar menyebabkan seseorang tekun belajar. 
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Belajar adalah perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku seorang individu yang disebabkan oleh pengalaman atau latihan yang berulang-ulang. Sedangkan motivasi adalah suatu keadaan yang mendorong untuk melakukan suatu kegiatan dan mengarahkan tingkah laku serta menjaga tingkah laku agar mencapai tujuan yang diinginkan. Belajar berhubungan erat dengan motivasi. Jika tidak ada motivasi dalam belajar maka hasil belajar yang diperoleh tentunya tidak optimal. Jadi peran motivasi dalam belajar tentulah sangat penting, berikut ini peran motivasi dalam belajar
a) Peran Motivasi dalam Menentukan Penguatan Belajar. Motivasi dapat berperan dalam penguatan belajar apabila seorang anak yang belajar dihadapkan pada suatu masalah yan memerlukan pemecahan, dan hanya dapat dipecahkan berkat bantuan hal-hal yang pernah dilaluinya. 
b) Peran Motivasi dalam Memperjelas Tujuan Belajar. Peran motivasi dalam memperjelas tujuan belajar erat kaitannya dengan kemaknaan belajar. Anak akan tertarik untuk belajar sesuatu, jika yang dipelajari itu sedikitnya sudah dapat diketahui atau dinikmati manfaatnya bagi anak. 
c) Motivasi Menentukan Ketekunan Belajar. Seorang anak yang telah termotivasi untuk belajar sesuatu, akan berusaha mempelajarinya dengan baik dan tekun, dengan harapan memperoleh hasil yang baik. Dalam hal ini tampak bahwa motivasi untuk belajar menyebabkan seseorang tekun belajar. 
B. SARAN
Sebaiknya kita sebagai guru ataupun sebagai konselor memahami peran motivasi dalam belajar. Agar kita lebih bisa memberikan motivasi terhadap peserta didik. Sehingga peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar dengan hasil yang optimal.
DAFTAR RUJUKAN
· Andhakp.2009.Motivasi.(Online),(http://atpsikologi.blogspot.com/2009/10/pengertian-motivasi-menurut-para-ahli.htmldiakses pada tanggal 27 November 2011
· Purwanto,Ngalim.2010.Psikologi Pendidikan.Bandung.PT Remaja Rosdakarya
· Wibowo Pramuji.2007.Pengaruh Motivasi Terhadap Efektivitas  Belajar.(Online), (http://pramujiwibowo.wordpress.com/2007/03/13/pengaruh-motivasi-terhadap/), diakses pada tanggal 27 November 2011

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comment:

Posting Komentar